Kolaborasi Antara CORIS dan IndoCEISS

23-06-2021

Pada hari Sabtu 19 Juni 2021 lalu, diadakan Pelantikan Pengurus IndoCEISS Provinsi Riau Periode 2021-2025. Acara yang diselenggarakan secara daring tersebut dihadiri oleh Bapak Masrul Kasmy selaku Penjabat (Pj) Sekda Provinsi Riau—mewakili Gubernur Riau, Ibu Prof. Sri Hartati M.Sc., Ph.D, Ketua Umum IndoCEISS, Ibu Yasna Dewita, S.Kom—mewakili Kepala Diskominfo Provinsi Riau, Bapak Dr. Elfizar, S.Si, M.Kom selaku Ketua IndoCEISS Provinsi Riau, serta Pembina CORIS Indonesia dan Wakil Ketua 1 IndoCEISS, Bapak Dr. Djoko Soetarno, DEA.

Dalam sambutannya, Bapak Dr. Djoko Soetarno, DEA memaparkan kerja sama antara CORIS dan IndoCEISS yang sudah terjalin selama tujuh tahun. Beliau bahkan menyampaikan bahwa sembilan puluh lima persen kegiatan seperti seminar hampir selalu bekerja sama dengan IndoCEISS. Membuktikan bahwa kedua organisasi ini cukup solid sebagaimana keping mata uang: dengan satu sisi IndoCEISS, dan sisi lainnya CORIS.

Kerja sama yang telah dibina sejak 2013 tersebut terus berkembang dan tetap berpijak pada Tri Dharma Perguruan Tinggi: Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan, dan Pengabdian Kepada Masyarakat. 

Berbeda dengan IndoCEISS, di mana yang menjadi anggota merupakan orang-orangnya, anggota CORIS merupakan 21 perguruan tinggi yang tersebar di 16 provinsi, mulai dari Papua hingga Sumatera Utara.

Bapak Dr. Djoko Soetarno, DEA juga menceritakan bagaimana ketika awal-awal dahulu membuat serta menerbitkan jurnal nasional masih susah, dan CORIS banyak dibantu oleh teman-teman IndoCEISS.

Selain menyenggarakan kegiatan bersama CORIS, dalam kesempatan lain juga IndoCEISS kerap bekerja sama dengan APTIKOM, APTISI, DIKTI, AWS, CISCO, Pemerintah Daerah, dan lain sebagainya. Ini merupakan langkah yang baik bagi IndoCEISS untuk semakin melebarkan sayap.

Sifat kegiatan yang terjalin antara CORIS dan IndoCEISS umumnya didominasi oleh kegiatan-kegiatan yang bersifat teknis operasional atau implementasi seperti pendampingan/workshop penyusunan paper internasional, pendampingan/workshop penyusunan paper nasional, pendampingan/workshop penyusunan borang akreditasi, bedah PAK (Penilaian Angka Kredit) lektor, bedah PAK (Penilaian Angka Kredit) lektor kepala, bedah PAK (Penilaian Angka Kredit) guru besar, pendampingan penerbitan jurnal nasional, pendampingan teknis bidang IT pada instansi pemerintah dan swasta.

Dalam penutupan sambutannya, selain mendorong teman-teman dosen Infokom dan SDM bidang IT di Provinsi Riau agar bergabung menjadi anggota IndoCEISS, Bapak Dr. Djoko Soetarno, DEA juga mengatakan siap membantu pemerintah daerah maupun instansi swasta untuk mengadakan perubahan. Melakukan transformasi menuju digitalisasi proses bisnis, digitalisasi manajemen, dan digitalisasi pendidikan, demi membangun Provinsi Riau yang lebih maju.